Informasi Dunia Maya

,Time :
[Technology][fbig1]

Mobile Legends

Mobile Legends: Bang Bang adalah game pertarungan multiplayer online yang dirancang untuk ponsel. Kedua tim lawan berjuang untuk mencapai dan menghancurkan basis musuh sambil mempertahankan basis mereka sendiri untuk mengendalikan jalan setapak, tiga "jalur" yang dikenal sebagai "top", "middle" dan "bottom", yang menghubungkan basis-basis.

Di setiap tim, ada lima pemain yang masing-masing mengendalikan avatar, yang dikenal sebagai "pahlawan", dari perangkat mereka sendiri. Karakter terkontrol komputer yang lebih lemah, yang disebut "antek", bertelur di basis tim dan mengikuti tiga jalur ke basis tim lawan, melawan musuh dan menara.


Game Mobile Legendsds, dibuat, diciptakan dan dimiliki oleh Developer China yaitu Moonton atau Shanghai Moonton Technologi Co., Ltd. Moonton bermarkas di kota Shanghai, Cina.

Berdasarkan informasi di JUSTIA disebutkan bahwa sebenarnya game Mobile Legends dikembangkan oleh dua develover yaitu Shanghai Moonton Technologi Co., Ltd.dan Shanghai Mulong Network and Technology Co., Ltd.

              Kamu Harus Tahu, Ini Asal Muasal Game MOBA! Ternyata dari Tahun 80-an!


“MOBA kok…”. Eits! Daripada menghina game lain, mending baca dulu sejarah game MOBA satu ini! Kerennya, buyutnya MOBA sudah ada dari tahun 1989!
——————–
Konferensi komunitas Game terbesar di Indonesia! Coba berbagai macam game dan dapatkan doorprize di GAME PRIME 2017, Balai Kartini, Jakarta, 29-30 Juli 2017. Info >>> https://www.duniaku.net/2017/07/05/hal-keren-bekraf-game-prime-2017/
Kamu pasti sering dengar kan istilah MOBA? Kira-kira apa sih artinya? Lalu, bagaimana sejarahnya sampai genre MOBA bisa sepopuler sekarang? Tak perlu bingung lagi! Ini dia sejarah game MOBA yang harus kamu tahu!
MOBA merupakan kepanjangan dari Multiplayer Online Battle Arena. Secara harafiah, dapat diartikan sebagai pertempuran dalam suatu arena yang dilakukan oleh beberapa pemain secara online. Terdengar aneh? Hal tersebut wajar, karena sampai saat ini istilah “MOBA” masih diperdebatkan penggunaannya oleh beberapa orang, di mana mereka lebih memilih menggunakan istilah ARTS (Action Real Time Strategy).

Mengapa terjadi perdebatan mengenai istilah yang digunakan tersebut? Hal tersebut akan kita bahas di sesi berikutnya. Namun jawaban tersebut akan terlihat dengan kembali membuka sejarah game
MOBA untuk mengetahuinya!

                                       Herzog Zwei. Sumber: youtube.com

Bila kita tarik jauh kebelakang, sejarah game MOBA sebenarnya diprakarsai dari genre RTS (Real Time Strategy) yang menariknya telah dimulai sebelum tahun 90-an! Salah satu “bapak” dari game RTS sendiri adalah Herzog Zwei yang diluncurkan pada tahun 1989 untuk console Sega.

Permainan Herzog Zwei sendiri memang memiliki beberapa elemen MOBA, di mana kita memainkan sebuah unit dan bertujuan menghancurkan markas musuh dibantu beberapa unit yang dikontrol oleh AI (artificial intelligence).


                                       Future Cop: LAPD. Sumber: 4bp.blogspot

Perkembangan selanjutnya dari sejarah game MOBA terjadi sembilan tahun setelah Herzog Zwei, dimana game Future Cop: LAPD dirilis untuk Sony Playstation pada tahun 1998. Keunggulan game ini dibandingkan Herzog Zwei adalah penggunaan map yang simetris, unit yang dikontrol memiliki berbagai kemampuan berbeda, juga kemampuan untuk mengumpulkan berbagai power ups dan objektif dari map.
                                      Aeon of Strife. Sumber: mmos.com

Di tahun yang sama, Blizzard meluncurkan salah satu game RTS paling populer, yaitu Starcraft untuk PC. Berbekal kemampuan untuk menciptakan custom map, seorang pemain bernama Aeon64 menciptakan map Aeon of Strife yang pertama kali memperkenalkan sistem map dengan tiga lane berbeda. Aeon of Strife dianggap sebagai cikal bakal game MOBA modern yang kita kenal sekarang.

Kepopuleran Aeon of Strife berlanjut sampai dengan sejarah game MOBA berikutnya bergulir saat munculnya Warcraft III: Reign of Chaos pada tahun 2002. Berbekal Warcraft III World Editor, Eul menciptakan custom map pertama yang diberi nama Defense of The Ancient (DOTA), mengacu pada map Aeon of Strife.

Kepopuleran DOTA saat itu membuat banyak modder (pencipta custom game membuat berbagai
custom map Warcraft III serupa yang mengacu pada map besutan Eul tersebut
                Dota versi Eul. Sumber: postimg.org
 
Barulah pada tahun 2003 seiring rilisnya Warcraft III: Frozen Throne, seorang modder bernama Meian mencoba menggabungkan berbagai map DOTA yang ada dan memberinya nama DOTA Allstars yang berisikan berbagai hero dari macam-macam map DOTA yang pernah dibuat pada periode 2002.

DOTA Allstars meledak dan menjadi sangat populer pada masanya. Pada titik ini, muncul salah seorang tokoh penting dalam sejarah game MOBA, yaitu Steave “Guinsoo” Feak yang pada waktu itu berkomitmen mengembangkan map DOTA Allstars dengan cara menciptakan berbagai hero baru dan juga peningkatan permainan.

7 Alasan Mengapa Mobile Legends Jadi Game Terpopuler Saat Ini :

   1. Mudah dimainkan


      Bagi orang-orang yang belum pernah bermain game sejenis tidak perlu khawatir. Karena cara bermainnya yang simpel dan banyak tutorial untuk memainkannya ketika pertama kali membuka permainan. Mulai dari cara menembak dan memukul, menentukan arah gerakan yang tepat, menggunakan skill, bermain bersama player lain, hingga cara membeli item. Game ini dianggap sebagai Dota 2 dalam versi mobile, karena dari keseluruhan aspek permainannya serupa namun jauh lebih mudah untuk dimainkan dibanding Dota 2.

    2. Size game yang kecil

     Size game mobile legends terbilang kecil. Tidak sebesar game game MOBA yang lain yaitu kurang lebih hanya 100 megabytes. Jauh dibandingkan game serupa, yang setidaknya bisa menghabiskan 500 megabytes lebih hanya untuk mengunduh game-nya saja. Mobile Legends pun bisa dimainkan di handphone yang memiliki spesifikasi rendah.

    3. Kontrol game mudah


       Dengan memiliki fitur virtual pad, pemain bisa mudah mengontrol semua gerakan hero atau karakter. Untuk berjalan, menembak, memukul, mengeluarkan skill kemampuan dan lainnya. Tidak perlu mengarahkan jari kita ke musuh karena terdapat fitur auto-aim di dalam virtual pad yang otomatis mengatur gerakan karakter yang kita pakai.


    4. Grafik yang Bagus

        Orang-orang ketika memainkan sebuah game pasti melihat sisi grafiknya terlebih dahulu. Jika grafiknya bagus maka pemain akan tertarik untuk memainkanya. Game Mobile Legends ini memiliki grafik yang baik dari segi karakter, map, item, efek skill dan banyak lagi. Gerakannya pun tidak kaku ketika menghajar musuh. Bisa dibilang hampir sempurna untuk sebuah game mobile. 

    5. Bisa bermain bersama teman

      Game ini menyediakan fitur agar kita bisa bermain bersama orang yang kita kenal di dalam semua mode permainan. Bisa terdiri dari 2 hingga 10 orang pemain. Caranya dengan mengaktifkan Facebook atau e-mail ID di dalam game ini agar semua teman kita memainkan game ini juga bisa terhubung dengan kita. Jika sudah terhubung kita bisa mengajak mereka bermain bersama untuk bekerja sama memenangkan pertandingan dan merasakan keseruan digame ini bersama dilengkapi dengan fitur chat in game agar kita tetap bisa berkomunikasi dengan rekan setim maupun tim lawan.


    6. Grafik yang Bagus

      Orang-orang ketika memainkan sebuah game pasti melihat sisi grafiknya terlebih dahulu. Jika grafiknya bagus maka pemain akan tertarik untuk memainkanya. Game Mobile Legends ini memiliki grafik yang baik dari segi karakter, map, item, efek skill dan banyak lagi. Gerakannya pun tidak kaku ketika menghajar musuh. Bisa dibilang hampir sempurna untuk sebuah game mobile.
 
    7. Bisa bermain bersama teman

      Game ini menyediakan fitur agar kita bisa bermain bersama orang yang kita kenal di dalam semua mode permainan. Bisa terdiri dari 2 hingga 10 orang pemain. Caranya dengan mengaktifkan Facebook atau e-mail ID di dalam game ini agar semua teman kita memainkan game ini juga bisa terhubung dengan kita. Jika sudah terhubung kita bisa mengajak mereka bermain bersama untuk bekerja sama memenangkan pertandingan dan merasakan keseruan digame ini bersama dilengkapi dengan fitur chat in game agar kita tetap bisa berkomunikasi dengan rekan setim maupun tim lawan.

TOP 10 Hero Terbaik Mobile Legends Untuk Ranked

HeroRasio KemenangKDA
Jhonson55,92%3.55
Yi Sun-shin55,15%13.42
Vexana54,56%3.09
Hylos53,68%2.87
Zhask53,16%2.42
Odette53,06%2.81
Lolita52,66%2.81
Bruno52.64%4.97
Valir52,63%11.84
Diggie52,46%3.34

Yi Sun-shin dan Valir menjadi hero dengan rating KDA tertinggi bahkan mencapai di atas 10. Cukup menarik melihat yang lainnya berada di kisaran 3 KDA, jauh di bawah kedua hero tersebut. KDA sendiri merupakan nilai dari berapa banyak Kill, Death, dan Assist yang diperoleh Hero tersebut setiap match.

Dari daftar tersebut dapat terlihat kalau top Hero cukup bervariasi mulai dari Burs Damager, Mage, bahkan hingga Tank mampu masuk ke dalam yang teraik untuk saat ini. Menariknya beberapa dari hero tersebut mempunyai tingkat popularitas cukup rendah yang berarti tidak banyak pemain yang menggunakannya.

Hal ini akan membuat beberapa pemain kesulitan menghadapi Hero dengan popularitas rendah karena akan cukup jarang untuk ditemui sehingga akan membutuhkan waktu lebih lama untuk terbiasa jika kamu sulit untuk beradapatasi.

Hero dengan serangan jarak jauh sepertinya menjadi favorit sebagian besar pemain Mobile Legends dan tidak aneh karena dapat melakukan poking untuk mematikan musuh secara perlahan. Saya sendiri juga lebih suka menggunakan hero kelas Mage saat bermain Mobile Legends.

Apakah ada hero favorit kamu yang termasuk ke terbaik untuk bulan ini?

2
Labels:

Post a Comment

facebook

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget